PELAKU (PERMAINAN LANGKAH KUDA): Jejak Langkah Kuda pada Papan (4x4) ?

Senin, 17 Februari 2014

Jejak Langkah Kuda pada Papan (4x4) ?

Sudah banyak rekan, termasuk Anda tentunya, yang pernah mencoba untuk menyelesaikan perjalanan Kuda pada papan yang berukuran (4x4), namun semuanya berkesimpulan bahwa Tidak mungkin semua petak dapat dijejaki (dikunjungi) oleh Kuda, minimal ada sebuah petak (petak Putih atau Biru) yang luput dari jejakan Kuda. Coba kita lihat gambar berikut ini : 
                                                          = Klik gambar untuk Zoom =
Dari gambar tersebut diatas (sebetulnya masih banyak yang lainnya bisa dibuat) dapat dilihat bahwa petak yang luput dari jejakan kuda adalah petak yang diberi "tanda ?" yang berada disudut-sudut papan (4x4). Oleh karena itu, agar ada solusi, dipakailah orang Permainan Jejak Langkah Kuda pada papan (4x4)-1, atau papan (4x4)-2, atau bahkan ada yang lebih "cantik" lagi menggunakan papan (4x4)-4 seperti pada permainan kita yang telah dipublikasikan minggu lalu di Blog ini.
Mari kita periksa Jejak Langkah Kuda pada papan (4x4)-2.                     
Papan (4x4)-2 maksudnya adalah papan (4x4) yang dibuang/ditutup 2 buah petaknya. Disarankan ke-2 petak tersebut adalah petak Putih dan Biru, Jangan ke-2 nya Putih-Putih atau Biru-Biru. Jadi "harus beda warna petaknya".Dan, kedua petak tersebut, sebaiknya yang berada disudut atau disudut-sudut papan (4x4). Kenapa disarankan demikian ? Jawabannya akan Anda temukan setelah Anda mainkan permainan ini beberapa kali ..... hehehe ....
Baiklah. Kita perlihatkan beberapa gambar papan (4x4)-2 yang dapat memberikan solusi ataupun  yang tidak, seperti berikut ini :

                                                       = Klik gambar untuk Zoom =

Bentuk papan yang "Ada Solusi" berarti bahwa Kuda dapat mengunjungi setiap petaknya (syaratnya hanya sekali saja). Papan yang pertama akan membentuk Lintasan Jejak Langkah Kuda yang "Kontinyu"- berarti : Semua petak dapat dijadikan sebagai petak Start. Dan, papan yang kedua, akan membentuk "Lintasan Diskontinyu"- berarti: Tidak semua petak dapat dijadikan sebagai petak Start.
Nah, boleh Anda coba mainkan sekarang. Caranya, bisa dilakukan sebagai berikut ini :
  • Ambil Papan Catur (dengan buahnya) yang umum dipake.
  • Semua "Buah Catur" dianggap sebagai "Bidak" (Pion) kecuali "Sebuah Kuda" (Putih atau Hitam) yang akan dipakai sebagai "Kuda" yang akan "memakan" Bidak-bidak tadi.
  • Susunlah "Bidak-Bidak" tadi diatas papan catur sesuai dengan "bentuk-formasi" yang akan dimainkan (seperti gambar-gambar diatas).
  • Cobalah "Kuda" ysng dipegang "memakan" salah-satu bidak yang telah disusun tadi. Ceritanya, "Kuda" telah "masuk-lapangan" dan siap untuk memakan "semua" bidak-bidak yang ada dilapangan. 
  • Lanjutkan perjalanan Kuda dilapangan untuk menghabiskan bidak yang tersisa.
  • Permainan ini dianggap sukses (berhasil) jika setiap kali Kuda melangkah "memakan bidak" (Kuda diharamkan melangkah tanpa "makan") dan Bidak-Bidak yang ada "Harus dihabiskan, tak ada sisa.........
Sekian dulu untuk Edisi kali ini, Semoga Bermanfaat.
Sampai jumpa. Insya Allah.
Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar