Permainan kita berikut ini adalah membuat Jejak Langkah Kuda pada papan "Model-Tambah" yang berukuran (4x4)-4, seperti nampak pada gambar berikut :
Pada papan tersebut, ada beberapa hal yang perlu dicatat bahwa :
Pada contoh permainan yang diberikan diatas, ada yang perlu digaris bawahi, yaitu petak no.1 (petak Start) dan petak langkah ke-7 (petak no.7) selalu nampak seperti gambar diatas. Kenapa mesti demikian ? Sering2lah berlatih untuk papan sejenis untuk menemukan jawabannya.
Untuk yang lainnya, silahkan anda coba sendiri.
Semoga bermanfaat. Wassalam.
Pada papan tersebut, ada beberapa hal yang perlu dicatat bahwa :
- Jejak Langkah Kuda akan membentuk "Lintasan Kontinyu" (Lintasan Bolak-Balik), maksudnya bahwa dari petak Finish kudanya dapat melangkah kembali kepetak Start. Pada lintasan-kontinyu akan secara otomatis dapat pula terbentuk Lintasan-Diskontinyu.
- Warna petak Start selalu beda dengan warna petak Finish.
- Jika Kudanya Start dari petak-a2, akan Finish dipetak-petak : b2, b4, c1, dan c3.
- Dan kalau Start dari petak-a3, akan Finish dipetak-petak : b1, b3, c2, dan c4.
- Start dari petak-b1 dan Finish di a3 (selain di c3 dan d2) berarti lintasannya adalah Kontinyu, dan kalau Finish dipetak b2 berarti lintasannya adalah Diskontinyu.
- Start dari petak b2 (warna-petak = Biru) akan Finish disemua petak yang berwarna Putih (petak-petak : a2, b1, b3, c2, c4, dan d3).
- Start dari petak b3 (warna-petak = Putih) akan Finish disemua petak yang berwarna Biru, yaitu petak-petak : a3, b2, b4, c1, c3, dan d2.
Pada contoh permainan yang diberikan diatas, ada yang perlu digaris bawahi, yaitu petak no.1 (petak Start) dan petak langkah ke-7 (petak no.7) selalu nampak seperti gambar diatas. Kenapa mesti demikian ? Sering2lah berlatih untuk papan sejenis untuk menemukan jawabannya.
Untuk yang lainnya, silahkan anda coba sendiri.
Semoga bermanfaat. Wassalam.