PELAKU (PERMAINAN LANGKAH KUDA): Petak Start dan Petak Finish pada Papan Permainan.

Selasa, 11 Maret 2014

Petak Start dan Petak Finish pada Papan Permainan.

 Setelah beristirahat sejenak, kembali kita ketemu disini. Semoga kabar baik semuanya dan tetap kita dalam kondisi kesehatan yang baik dan menggembirakan. Kalaupun ada diantara kita saat ini yang agak terganggu kesehatannya, kami doakan semoga cepat sembuh.
Berikut ini akan disajikan hubungan antara Petak Start (huruf-S) dan Petak Finish (huruf-F) dari suatu perjalanan/langkah kuda-catur diatas papan permainan sehingga dengan demikian akan memberikan gambaran yang jelas mengenai posisi petak Finish dari langkah kuda-catur yang sangat tergantung dengan posisi petak Start. Selain itu, materi yang disajikan ini diharapkan bisa menjadi rangkuman pembahasan kita yang lalu.
 
 [1]  Petak Start dan Petak Finish pada Papan (4x3) :  
 
Jejak Langkah Kuda pada papan (4x3) membentuk Lintasan-Diskontinyu sehingga tidaklah semua petak pada papan ini dapat dijadikan sebagai Petak-Start. Yang dapat dijadikan petak Start agar ada solusi, adalah petak-petak yang ada pada kolom-a dan kolom-d saja.  Lihat gambar dibawah. Simbol S adalah Petak-Start dan F adalah petak-Finish. Mohon dihapal hal ini.

 
  
[2]  Petak Start dan Petak Finish pada Papan (7x3) :

Seperti halnya diatas, jejak langkah kuda pada papan (7x3) juga membentuk Lintasan-Diskontinyu. demikian sehingga petak-petak yang dapat dijadikan sebagai petak-Start hanyalah petak-petak yang berwarna Biru, - kecuali petak Biru -d2 (karena petak Biru yang terbanyak disini, ada 11 petak). Tidak ada solusi jika Start dari petak yang berwarna Putih dan petak Biru d2. Mari kita lihat Petak-Start dan Petak-Finish pada papan ini (disini, ada 11 buah petak Biru dan 10 buah petak Putih) : 

 
Petak Finish selalu di b2 atau f2 jika start dari petak-petak sisi papan (petak Biru di baris-1 dan baris-3). Dan, kalau Start dipetak b2, akan Finish di petak-petak Biru sisi-papan atau dipetak f2. Sebaliknya, kalau Start di petak f2, akan Finish di petak b2 atau dipetak-petak Biru yang ada disisi papan.
Yang perlu pula diingat disini : Warna petak Start selalu sama dengan warna petak Finish. Petak d2 tidak pernah menjadi petak Finish dan jangan dijadikan petak d2 menjadi petak Start. 

[3]  Petak Start dan Petak Finish pada Papan (8x3) :

Pada papan ini, Jumlah petak Biru sama dengan jumlah petak Putih. Akibatnya, Warna petak Start pasti beda dengan warna petak Finish. Jejak Langkah Kuda yang dapat terjadi membentuk Lintasan-Diskontinyu, sehingga ada petak-petak tertentu pada papan ini tidak boleh dijadikan sebagai petak Start. Dan ternyata bahwa petak yang tidak boleh dijadikan sebagai petak Start itu, tak-pernah pula menjadi petak Finish. (?).
Catat : Semua petak pada papan (8x3) dapat dijadikan sebagai petak Start, kecuali petak c2 dan f2.

Berikut ini, akan diperlihatkan posisi petak Start dan petak Finish dari Jejak Langkah Kuda pada papan (8x3) : 




                                                    (^ klik gambar untuk zoom ^ )
 
Semoga posisi petak Start dan posisi petak Finish yang sudah disajikan diatas dapat dihapal "baik-baik" untuk memudahkan penggunaannya mencari solusi jejak langkah kuda pada papan-papan permainan kita yang lebih besar ukurannya, seperti pada papan (8x6) sampai berukuran (10x10) atau lebih.

Sampai disini dulu kawan-kawan ........ Sampai Jumpa.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar