PELAKU (PERMAINAN LANGKAH KUDA): Solusi Jejak Langkah Kuda pada Papan (8x6)

Jumat, 07 Maret 2014

Solusi Jejak Langkah Kuda pada Papan (8x6)

Sebagaimana yang telah disajikan disini, papan permainan langkah kuda (disingkat "pelaku") yang berukuran (8x6) dapat dipandang sebagai papan (catur) yang terdiri dari : 
  1. 2 (dua) bahagian papan (8x3) yang digabung jadi satu (gambar-1).
  2. 4 (empat) bahagian papan (4x3) yang digabung jadi satu (gambar-2).
  3. 2 (dua) bahagian papan (4x6) atau (6x4) yang digabung jadi satu (gambar-3).
Dengan demikian, untuk mencari solusi Jejak Langkah Kuda pada papan (8x6) dapat diterapkan solusi jejak langkah kuda pada papan (4x3), (8x3) dan ((6x4)
 
 Gambar-1 : Papan (8x6) dipandang sebagai 2 papan (8x3) sehingga Jejak Langkah Kuda mulai dari 1a1 sampai 24a2 pada papan (8x3) yang pertama (bagian-bawah), selajutnya 25b4 hingga Finish pada papan (8x3) yang kedua (bagian-atas). Petak Finish dalam hal ini ada 7 kemungkinan, yaitu : a4, b5, e4, e6, g4, g6, atau h5.

Gambar-2 : Papan (8x6) dipandang sebagai 4 papan (4x3) sehingga Jejak Langkah Kuda mulai dari 1a1 atau 1d2 sampai 12d3 pada papan (4x3) yang "pertama" (kiri-bawah), selanjutnya ke papan (4x3) yang "ketiga" (kanan-atas), dilanjutkan ke papan (4x3) yang "keempat" (kiri-atas), dan Jejak Langkah Kuda berahir dipapan (4x3) yang "kedua" (kanan-bawah). Dalam hal ini, kita bisa memilih petak Finish di e2 atau di h1.

Gambar-3 : Papan (8x6) dipandang sebagai 2 papan (4x6) sehingga setengah perjalanan langkah kuda berada dipapan (4x6) yang pertama (kiri), dan setengah perjalanan kuda selanjutnya diteruskan ke papan (4x6) yang kedua (kanan). Contoh yang diberikan disini, adalah jejak langkah kuda yang membentuk Lintasan-Kontinyu.

Sampai disini dulu jumpa kita kali ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa.

Wassalam.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar