PELAKU (PERMAINAN LANGKAH KUDA): Solusi Jejak Langkah Kuda pada Papan (6x4) | Lanjutan.

Selasa, 11 Maret 2014

Solusi Jejak Langkah Kuda pada Papan (6x4) | Lanjutan.

Untuk mencari solusi Jejak Langkah Kuda pada papan (8x6) terkadang dibutuhkan "metode-bedah" sebagaimana yang telah disampaikan disini beberapa hari yang lalu. Kalau papan (8x6) dipandang sebagai 2 buah papan (4x6) yang disatukan (didempetkan), maka dapatlah kita menemukan Solusi Jejak Langkah Kuda pada papan (8x6) dengan "bantuan" solusi jejak langkah kuda pada papan (4x6).

Sebetulnya, jejak langkah kuda pada papan (4x6) atau (6x4) telah disajikan disini (Posting dibulan kemarin). Namun demikian, dirasa perlu untuk disajikan kembali dan melengkapinya, sehingga dengan demikian, permainan ini akan semakin "menarik dan mengasyikkan".

Solusi jejak langkah kuda pada papan (6x4) dapat ditemukan jika "pola langkah kuda" yang terjadi diatas papan itu membentuk "pola bersusun" seperti nampak pada gambar-1. Disini, dijadikan petak b1 sebagai petak Start. Sekiranya langkah kuda ini diteruskan, akan Finish di petak-petak Biru yang ada di baris-1 dan baris-4 (yaitu : a1, b4, c1, d4, e1, atau f4).
Kalau pola langkah kuda yang terjadi, membentuk "pola berderet" seperti nampak pada gambar-2, tidak akan ditemukan solusinya. Perhatikan posisi langkah ke-5, menempati petak yang salah. Tandingkan dengan langkah yang sama pada gambar-1. Silakan anda teruskan langkah kuda pada gambar ini.


Pada gambar-3, petak a1 dijadikan sebagai petak Start. Dengan pola yang sudah bersusun, seperti gambar, maka solusinya pasti ada, dan petak Finish dari jejak langkah kuda ini ada dipetak : a4, b1, c4, d1, e4, atau f1. Jadi, petak Finish itu adalah semua petak Putih (karena Start dipetak Biru) yang ada di baris-1 dan baris-4 saja.

Berikut, akan kita lihat Langkah Kuda yang terjadi jika Start dari petak c1 (petak Biru). Ternyata, petak Finishnya tidak dapat menempati petak c1 dan d1, hanya dipetak-petak : a4, b1, e4, dan f1 saja. 


Perlu dicatat bahwa langkah ke-2 (no.2) hanya boleh ke a2, b3, dan e2. Jika 2d3 (artinya: langkah ke-2 kepetak d3) maka Tidak Ada Solusi untuk Jejak langkah Kuda itu.
Kita lihat Solusi yang lain, jika Start dari petak c1. Ikuti langkah-langkah kuda pada gambar berikut :
Demikianlah hal-hal yang dirasa perlu untuk Solusi Jejak Langkah Kuda pada papan (6x4) yang dapat membantu kita menyelesaikan jejak langkah kuda pada papan (8x6). Yang perlu juga mendapat perhatian khusus adalah Jejak Langkah Kuda pada papan (4x3), (7x3) dan (8x3). Semuanya sudah disajikan disini beberapa minggu lalu. Silakan dicek kembali.

Hingga disini dulu jumpa kita. Disambung lagi pada pertemuan mendatang. Insya Allah.

Wassalam. Sampai jumpa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar