PELAKU (PERMAINAN LANGKAH KUDA): Jejak Langkah Kuda-catur (8x3). Intisari Pertama.

Jumat, 14 Februari 2014

Jejak Langkah Kuda-catur (8x3). Intisari Pertama.

Sebelum melangkah kepermainan berikutnya, perlu dicatat bahwa Jejak Langkah Kuda-catur pada papan (8x3) mempunyai karakteristik tertentu dan dicatat sebagai "Kesimpulan" sebagai berikut :

  1. Jejak langkah kuda membentuk "Lintasan diskontinyu" (tidak bolak-balik), artinya Kuda tidak dapat melompat/melangkah kembali dari petak Finish kepetak Start.
  2. Warna petak Start selalu beda dengan warna petak Finish.
  3. Karena hanya terjadi Lintasan diskontinyu, maka tidak semua petak pada papan(8x3) dapat dijadikan sebagai petak Start. Dalam hal ini, petak-c2 dan petak-f2 tidak dianjurkan sebagai petak Start (karena tidak akan memberikan "solusi". Tidak percaya ? Dicoba saja!). Ternyata, petak-c2 dan petak-f2 juga tidak pernah menjadi petak Finish. Perhatikan kesimpulan berikutnya dibawah ini.
  4. Kalau Start dari petak-a1 maka Finishnya bisa dipetak-petak : a2, b1, d1, d3, e2, f1, f3, g2, h1, h3. dan kalau Start dari petak-a2 maka Finishnya bisa dipetak-petak : a1, a3, b2, d2, e1, e3, g1, g3, h2. 
  5. Kalau Start dari petak-b1 maka Finish dipetak-petak : a1, b2, e1, e3, g1, g3, dan h2.
  6. Kalau Start dari petak-b2 maka Finish dipetak-petak : a2, b1, b3, e2, h1, dan h3.
  7. Kalau Start dari petak-c1 maka Finish dipetak-petak : h1, dan h3.
  8. Kalau Start dari petak-d1 maka Finish dipetak-petak : a1, a3, d2, g1, g3, dan h2.
  9. Kalau Start dari petak-d2 maka Finish dipetak-petak : a1, d1, d3, e2, g2, h1, dan h3.
  10. Petak-petak Start yang lainnya sudah terwakili pada kesimpulan diatas. 
Perhatikan gambar berikut ini : 
Semoga bermanfaat, dan saya menunggu komentar Anda.
Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar