PELAKU (PERMAINAN LANGKAH KUDA): Jejak Langkah Kuda pada papan (8x3).

Rabu, 12 Februari 2014

Jejak Langkah Kuda pada papan (8x3).

Jejak Langkah Kuda pada papan (8x3) membentuk Lintasan Diskontinyu (tidak bolak-balik). Berikut ini akan diberikan contohnya. Namun sebelum itu, perlu dijelaskan bahwa sebetulnya permainan ini hanya menggunakan "buah" KUDA CATUR, yang dilangkahkan diatas papan (bisa pake Papan Catur biasa, tinggal menutup bagian papan yang tidak diperlukan). Jejak langkah Kuda diberi nomor pada petak-petak papan. Petak pertama yang ditempati kuda diberi nomor (angka) 1. Angka-1 sekaligus menyatakan posisi Start untuk kuda melangkah kepetak papan berikutnya, yaitu petak no. 2. Dengan demikian, dari petak-1 kepetak-2, membentuk "huruf-L" sebagaimana aturan langkah kuda catur.
Perlu pula ditambahkan bahwa Kuda yang dimainkan disini, tidak boleh melangkah kepetak yang telah dikunjunginya. Jadi, setiap petak, diberi nomor hanya sekali saja.
Mari kita lihat contohnya :


                                                         

Dari gambar dapat dijelaskan bahwa Kuda menempati petak Start = A2. kemudian melangkah kepetak-2 di C1 (sebetulnya, bisa juga ke C3). selanjutnya langkah ke-3 kepetak D3, berikutnya 4B2 dan 5D1. Sementara untuk langkah berikutnya, yaitu langkah ke-6, ada tiga petak pilihan, yaitu : C3, atau E3, atau F2. Nah, tugas anda melanjutkan langkah-langkah berikutnya sampai kepetak 24.

Sebagai catatan terahir, perlu dicatat bahwa : Jika Start dipetak A2, maka petak Finish bisa dipetak-petak : A1, A3, B2, D2, E1, E3, G1, G3, dan H2. Jadi ada 9 petak yang bisa dijadikan Finish jika Start dari petak A2.

Selamat bermain .... !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar