PELAKU (PERMAINAN LANGKAH KUDA): Jejak Langkah Kuda pada Papan (7x3).

Selasa, 18 Februari 2014

Jejak Langkah Kuda pada Papan (7x3).

Papan (7x3) adalah papan yang mempunyai 21 buah petak, yang terdiri atas 7 kolom (kolom-a s/d kolom-g) dan 3 baris (baris-1 s/d baris-3). Lebih jelasnya, lihat gambar-1 berikut ini. Disini, ada 10 petak Putih dan 11 petak Biru. Apakah ada solusi Jejak Langkah Kuda pada papan semacam ini ?
Akan ada solusi jika Start dari petak yang berwarna Biru (kecuali petak d2), dan tentu saja akan Finish dipetak yang berwarna Biru pula. Lihat contoh Jejak Langkah Kuda pada papan (7x3) seperti gambar-2 dan gambar-3 berikut ini :
Gambar-2 memperlihatkan Jejak Langkah Kuda yang Start dari petak a1 (dapat ditulis dengan notasi 1a1) dan Finish dipetak f2 (ditulis dengan notasi 21f2). Petak Finish ini bisa berpindah kepetak b2 jika 19f2. Dari sini dapat dikatakan bahwa Jika : 1a1, 1a3, 1c1, 1c3, 1e1, 1e3, 1g1, atau 1g3, maka pasti 21b2 atau 21f2.
Gambar-3 memperlihatkan Jejak Langkah Kuda yang Start dari petak b2 (ditulis 1b2) dan Finish dipetak e1 (ditulis 21e1). Petak Finish ini bisa berpindah kepetak a3 (kalau 11e1), atau 21f2 kalau 3e1, atau 21g1 bilamana 15e1. Dari sini dapat disimpulkan bahwa jika 1b2 maka 21f2 atau dipetak Biru lainnya (kecuali petak d2). Petak d2 tidak boleh dijadikan petak Start dan tidak pernah menjadi petak Finish.
Silahkan dibuktikan, dan tetap Semangat mengikuti PERMAINAN LANGKAH KUDA (PELAKU) ini.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa.

Wassalam.