PELAKU (PERMAINAN LANGKAH KUDA): Jejak Langkah Kuda pada Papan Model Tambah (4x4)-4.

Jumat, 14 Februari 2014

Jejak Langkah Kuda pada Papan Model Tambah (4x4)-4.

Permainan kita berikut ini adalah membuat Jejak Langkah Kuda pada papan "Model-Tambah" yang berukuran (4x4)-4, seperti nampak pada gambar berikut :

Pada papan tersebut, ada beberapa hal yang perlu dicatat bahwa :
  1. Jejak Langkah Kuda akan membentuk "Lintasan Kontinyu" (Lintasan Bolak-Balik), maksudnya bahwa dari petak Finish kudanya dapat melangkah kembali kepetak Start. Pada lintasan-kontinyu akan secara otomatis dapat pula terbentuk Lintasan-Diskontinyu.
  2. Warna petak Start selalu beda dengan warna petak Finish.
  3. Jika Kudanya Start dari petak-a2, akan Finish dipetak-petak : b2, b4, c1, dan c3.
  4. Dan kalau Start dari petak-a3, akan Finish dipetak-petak : b1, b3, c2, dan c4.
  5. Start dari petak-b1 dan Finish di a3 (selain di c3 dan d2) berarti lintasannya adalah Kontinyu, dan kalau Finish dipetak b2 berarti lintasannya adalah Diskontinyu.
  6. Start dari petak b2 (warna-petak = Biru) akan Finish disemua petak yang berwarna Putih (petak-petak : a2, b1, b3, c2, c4, dan d3).
  7. Start dari petak b3 (warna-petak = Putih) akan Finish disemua petak yang berwarna Biru, yaitu petak-petak : a3, b2, b4, c1, c3, dan d2. 
Mari kita lihat beberapa comtoh permainan yang pernah saya kerjakan, seperti berikut ini :

Pada contoh permainan yang diberikan diatas, ada yang perlu digaris bawahi, yaitu petak no.1 (petak Start) dan petak langkah ke-7 (petak no.7) selalu nampak seperti gambar diatas. Kenapa mesti demikian ? Sering2lah berlatih untuk papan sejenis untuk menemukan jawabannya.
Untuk yang lainnya, silahkan anda coba sendiri.
Semoga bermanfaat. Wassalam.