PELAKU (PERMAINAN LANGKAH KUDA): Jejak Langkah Kuda pada Papan (4x3).

Selasa, 18 Februari 2014

Jejak Langkah Kuda pada Papan (4x3).

Sudah ada beberapa Jenis (Bentuk) Papan, dari sekian banyak yang ada, telah disajikan disini untuk "melihat" bagaimana Jejak Langkah Kuda yang terjadi. Semakin penasaran jadinya untuk melihat jenis-jenis papan yang lainnya. Untuk itu, pada edisi kali ini, akan disajikan bentuk papan lainnya yang berukuran (4x3), yaitu bentuk papan yang terdiri dari 4 kolom dan 3 baris. Boleh juga ditampilkan sebagai papan (3x4) yang berarti papan 3 kolom dan 4 baris. Kedua jenis papan trersebut sama-sama mempunyai 12 buah petak sehingga praktis jejak langkah kuda yang terjadi adalah "Identik" (Serupa tapi tak sama). Berikut, akan ditampilkan gambarnya : 
                                                      = Klik Gambar untuk Zoom =   

Sesungguhnya, bentuk papan (4x3) atau (3x4) merupakan "bentuk-dasar" dari semua bentuk yang akan ditampilkan disini dan sebaiknya "dimengerti-betul" agar nanti memudahkan kita mengikuti Jejak Lang- kah Kuda pada papan (7x3), papan (8x3), papan (6x4), papan (8x4), dan seterusnya.
Pada papan (4x3) maupun yang (3x4), tidak semua petak dapat dijadikan sebagai petak Start karena jejak langkah kuda yang terjadi merupakan "Lintasan Diskontinyu".
Solusi dapat terjadi pada papan (4x3) jika petak Start berada di kolom-a dan kolom-d saja. Dan untuk papan (3x4), solusi dapat terjadi jika petak Start berada di baris-1 dan baris-4 saja.
Selanjutnya, kita akan membicarakan Jejak Langkah Kuda pada papan (4x3) saja [dengan sendirinya akan kita fahami jejak langkah kuda pada papan (3x4)].
Yang perlu dicatat sebagai kesimpulan pada papan (4x3) adalah sebagai berikut :
  •  Warna petak Start beda dengan warna petak Finish.
  •  Solusi ada jika Start dari petak-petak di Kolom-a atau Kolom-d saja.
  •  Jika Start dari petak-a1, akan Finish di petak-a2 atau di petak-d3.
  •  Jika Start dari petak-a2, akan Finish di : petak-a1, petak-a3, atau petak-d2.
  •  Jika Star dari petak-a3, akan Finish di petak-a2 atau di petak-d1.
  •  Dan kalau Start dari petak-petak d1, d2, dan d3, penjelasannya sudah tersirat diatas. 
Berikut ini akan disajikan beberapa gambar untuk menampilkan Jejak Langkah Kuda pada papan (4x3) sesuai dengan penjelasan diatas :
Jika 8a2, artinya langkah ke-8 kepetak a2, (lihat gbr.pertama) maka Finish (langkah ke-12) dipetak d3. Sebaliknya, jika 8d3, maka Finish dipetak a2 (atau ditulis saja : 12a2). Begupula pada gbr.kedua dan gbr.ketiga diatas. Tanda " ? " adalah tanda utk petak no.8 dan no.12.
Coba dicatat bahwa : Jika Start dari petak a2, posisi petak langkah ke-2 berbeda-baris dengan baris-petak Finish sehingga dengan langkah ke-2 ini, segera kita dapat menebak/menentukan petak Finish. 
Sebagai Catatan terahir, jika petak o sebagai petak Start dan petak x sebagai petak Finish, maka Kesimpulan diatas dapat dinyatakan menjadi gbr.keempat s/d gbr.keenam, diatas.

Sekian jumpa kita kali ini. Semoga bermanfaat.

Wassalam.