PELAKU (PERMAINAN LANGKAH KUDA): Papan (8x3) dan Papan (8x3)-2.

Kamis, 13 Februari 2014

Papan (8x3) dan Papan (8x3)-2.

Kita telah mencoba Langkah-Kuda pada papan (8x3), yang solusinya hanya berupa "Lintasan-diskontinyu". Pada lintasan semacam ini, dari petak Finish, kuda tidak bisa lagi melangkah ke petak Start. Dengan demikian, pada papan (8x3) tidak semua petak dapat dijadikan sebagai petak Start.
Saya sempat mencatat bahwa petak c2 dan f2 pada papan (8x3) tidak boleh dijadikan sebagai petak Start. Kalaupun petak-petak tersebut dijadikan sebagai petak Start, maka sudah dapat dipastikan  bahwa "Tidak akan ada solusi" artinya : Tidak semua petak dapat dikunjungi oleh kuda.
Papan (8x3) dapat dilihat sebagai gambar-1 berikut ini :

Kemudian, berikut ini akan kita coba membahas Langkah-Kuda pada papan (8x3)-2, artinya papan (8x3) yang dibuang (ditutup, tidak dipake) 2 buah petaknya, sepetak warna biru dan sepetak warna putih (Jangan kedua petak tsb sama warna). Pada kesempatan ini, petak yg dibuang (ditutup) adalah petak a2 dan petak h2. Lihat gambar-2 berikut ini :

Pada papan (8x3)-2, Jejak Langkah-Kuda membentuk "Lintasan-Kontinyu" atau "Lintasan-Bolak-Balik". Misalnya, Start dari petak b2 dan Finish di petak d1 atau d3. Jadi, dari petak Finish, kuda bisa melangkah kembali kepetak Start. Silahkan anda coba buktikan. Semua petak pada papan (8x3)-2 dapat dijadikan sebagai petak Start. Jika Start dari petak "putih" so pasti akan Finish dipetak warna-biru. (Warna petak Start dan Finish selalu beda).
Yang pernah saya coba : Jika Start dari petak b2, akan Finish dipetak-petak : b1, b3, d1, d3, e2, f1, f3, g2, h1, dan atau h3. Jadi, tidak akan Finish di petak c2. Kenapa demikian ?
Sebagai contoh (dari puluhan solusi yang ada ) saya berikan yang berikut ini : 

Sebagai Latihan, Anda boleh coba langkah ke-6 pada petak d3 (bukan f3 seperti gambar diatas). Dimanakah petak Finishnya ? Saya tunggu komentarnya.

Sekian, lain kali dilanjut. Wassalam.